Hari Konferensi Asia Afrika

Konferensi Tingkat Tinggi Asia–Afrika  atau disingkat dengan KTT Asia Afrika atau KAA kadang juga disebut Konferensi Bandung adalah sebuah konferensi  antara negara-negara Asia  dan Afrika yang  baru saja memperoleh kemerdekaan. KAA diselenggarakan oleh Indonesia, Myanmar, Sri Lanka, India  dan Pakistan dan dikoordinasi oleh Menteri Luar Negeri Indonesia yaitu Sunario.  Pertemuan ini berlangsung antara 18 April-24 April 1955, di Gedung,Merdeka,Bandung. dengan tujuan mempromosikan kerjasama ekonomi dan kebudayaan Asia-Afrika dan melawan kolonilisme atau neokolonialisme  Amerika Serikat , Uni Soviet atau negara imperialis lainnya.
  • SEJARAH

Konferensi Asia-Afrika pertama digelar di Bandung, pada tahun 1955.
KAA melahirkan Gerakan Non-Blok yang waktu itu berusaha menahan Perang dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet.
Dilansir dari Encyclopedia Britannica (2015) KAA digelar di Bandung pasa 18-24 April 1955.
KAA di Bandung dihadiri oleh 29 pemimpin dari Asia dan Afrika.
Pengusung dan Penyelenggara KAA yaitu:
-Indonesia
-India
- Birna (Myanmar)
-Pakistan
-Sri Lanka
  • DAMPAK KONFERENSI ASIA AFRIKA

Dalam KAA Bandung, mereka membahas mengenai masalah yang dihadapi negara-negara bekas koloni Barat yang baru berkembang. Mereka membahas dari mulai masalah perdamaianm peran negara dunia ketiga, perang dingin, perkembangan ekonomi, dekolonisasi.
Konferensi Asia Afrika di Bandung telah membakar semangat dan menambah kekuatan moral para pejuang bangsa-bangsa Asia dan Afrika yang pada masa itu tengah memperjuangkan kemerdekaan tanah air mereka, sehingga kemudian lahirlah sejumlah negara merdeka di kawasan Asia dan Afrika. Semua itu menandakan bahwa cita-cita dan semangat Dasasila Bandung semakin merasuk ke dalam tubuh bangsa-bangsa Asia dan Afrika.
 Konferensi Asia Afrika juga telah berhasil menumbuhkan semangat solidaritas di antara Negara-negara Asia Afrika, baik dalam menghadapi masalah internasional maupun regional. Beberapa konferensi antarorganisasi dari negara-negara tersebut diselenggarakan, seperti Konferensi Mahasiswa Asia Afrika, Konferensi Setiakawan Rakyat Asia Afrika, Konferensi Wartawan Asia Afrika, dan Konferensi Islam Afrika Asia.
 Jiwa Bandung dengan Dasasilanya telah mengubah pandangan dunia tentang hubungan internasional. Bandung telah melahirkan faham Dunia Ketiga atau “Non-Aligned” terhadap Dunia Pertama Washington, dan Dunia Kedua Moscow. Jiwa Bandung telah mengubah juga struktur Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Forum PBB tidak lagi menjadi forum eksklusif Barat atau Timur saja.
Hari Konferensi Asia Afrika Hari Konferensi Asia Afrika Reviewed by HIMA IKOM TELKOM UNIVERSITY on April 18, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar